Senin, 16 Maret 2009

Sunset @ Candi Ratu Boko (Mengejar Matahari Part II)


Awalnya sama sekali tidak ada rencana melihat sunset di Candi Ratu Boko pada Sabtu sore kemarin. Tiba-tiba saja Indah mengajakku dan beberapa teman untuk pergi ke Pantai Depok. Kebetulan saat itu kami memang sedang luang. Kami mencoba mengajak beberapa orang. Namun, sayangya usaha kami gagal. ‘Sudah pernah kesana’, begitu alasan sebagian besar orang yang kami ajak. Akhirnya hanya kami berdua saja yang berniat pergi. Benar juga sih, kami memang sudah beberapa kali pergi ke sana. Melihat langit yang sore itu sangat cerah, tiba-tiba saja kami teringat rencana kami dulu untuk pergi melihat sunset di Candi Ratu Boko. Akhirnya kami pun mengubah tujuan kami ke Candi Ratu Boko.


Setelah mendapat pinjaman kamera digital, kami memulai perjalanan menuju Candi Boko dengan mengendarai sepeda motor. Perjalanan menuju Candi Boko menghabiskan waktu sekitar 45 menit. Candi Boko terletak di sebuah bukit, 3 km di sebelah selatan Candi Prambanan. Harga tiket masuk per orang adalah Rp 10.000,00 sementara biaya parkir motor adalah Rp 2.000,00. Saat kami datang sore itu suasana tidak begitu ramai, hanya ada beberapa orang yang sedang hunting foto. Dari atas bukit yang terletak pada ketinggian hamper 200m dpl tersebut terhampar pemandangan kota Jogja serta candi Prambanan yang sangat indah dengan berlatarkan gagahnya Gunung Merapi.


Nama ‘Ratu Boko’ berasal dari legenda masyarakat setempat. Ratu Boko (yang secara harafiah berarti “raja bangau”) adalah ayah dari Loro Jonggrang. Situs ini diperkirakan telah dipergunakan orang pada awal abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra. Di dalam kompleks ini terdapat bekas gapura, ruang Paseban, kolam, Pendopo, Pringgitan, keputren, dan dua ceruk gua untuk bermeditasi. (id.wikipedia.com)



Tempat terbaik untuk menikmati sunset adalah di atas candi tempat pembakaran. Di sinilah kami menikmati keindahan sunset. Langit yang sangat cerah sore itu menghasilkan sunset yang luar biasa indah. Perpaduan warna biru dan merah yang sangat menakjubkan. Malamnya dari rest area kita dapat melihat keindahan lampu kota Jogja dengan langit penuh bintang sebagai latar belakangnya.

4 komentar:

  1. sunsetnya sekitar jam berapaan mas? gambarnya dramatic sekali

    BalasHapus
  2. sunset sekitar jam setengah 6...untungnya waktu itu cerah...jadi dapet sunset...

    BalasHapus
  3. hah... udah dua kali ke boko, tapi pas sunrise. dua-duanya gagal semua.

    kayanya sunsetnya seru, tuh...

    BalasHapus
  4. saya ke sana tapi pas 'belum rejeki' :(

    BalasHapus