Rabu, 16 September 2009

Arigatou Gozaimasu!!!!

Wuihhh....


Masih ga percaya rasanya akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri Sakura ini... padahal awalnya saya sama sekali ga kepikiran buwat ikut program exchange ke sini...


Dulu banget emang saya pernah punya cita2 pergi ke luar negeri, khususnya Jepang suatu saat nanti. Dulu saya ingin pergi ke Jepang karena tertarik dengan kebudayaan Jepang yang saya kenal dari komik-komik yang sering saya baca. Tapi...seiring dengan berlalunya waktu...saya pun melupakan impian masa lalu itu...sampai suatu hari yang panas di bulan Maret 2009. Sore itu, seorang teman mampir ke kos saya dan bercerita ini-itu...tiba-tiba saja dia menyuruh saya untuk nge-apply exchange program ke Jepang... Awalnya saya cuma mesam-mesem sambil mikir "Jepang...hmmm bisa ga ya?"...


Beberapa hari kemudian teman saya itu "menyeret" saya ke International Affair Office (lt 3 gedung FEB UGM) untuk melihat persyaratan apa saja yang diperlukan untuk mendaftar. Hmmm...ternyata tidak sesulit yang saya kira...hanya saja ada beberapa item yang menjadi kendala saat itu...

Setelah menelpon ayah saya dan mendapat persetujuan, tanya sana-sini cara mengurus passport, tes kesehatan, ngelobi dosen buwat bikin surat rekomendasi, dan berhari-hari bengong ga jelas cari inspirasi buwat ngisi application form dan bikin CV yang "wow" (bagi saya ini adalah bagian tersulit...bahkan lebih sulit daripada interview), akhirnya semua dokumen dan berkas yang diperlukan sudah siap dan tinggal dikumpulkan...

Sehari setelah berkas dikumpulkan, tiba-tiba saya mendapat sms bahwa interview akan dilakukan hari berikutnya (maju 3 hari dari yang dijadwalkan sebelumnya). Panik. Itu yang saya rasakan waktu itu. Terlebih lagi saat itu sedang minggu ujian dan saya sama sekali belum belajar untuk ujian. Akhirnya dengan berat hati saya mengorbankan ujian dan memilih untuk mempersiapkan diri untuk interview. Keesokan harinya, segera setelah selesai ujian (yang sama sekali tidak bisa saya kerjakan) saya segera menuju ke International Affair Office. Di sana sudah ada beberapa mahasiswa yang juga sedang menunggu. Berdasarkan hasil undian, saya mendapat giliran interview pertama. Dag...dig...dug...akhirnya dosen yang ditunggu-tunggu datang juga. Nama saya dipanggil dan saya masuk ke dalam ruangan kecil itu, duduk berhadapan dengan dua orang dosen yang akan mewawancarai saya.

"Please, introduce yourself..."
....
....
....
"Thank you, the result will be announced soon."

Ga terasa 15 menit saya habiskan di dalam ruangan itu. Meskipun ada beberapa pertanyaan yang kurang bisa dijawab dengan baik but I've tried my best to answer all the questions. It's time to let God do the rest. Tawakkal.

Menunggu bukanlah suatu yang menyenangkan. Meskipun hasil internal interview langsung diumumkan keesokan harinya, saya masih harus menunggu hasil akhir dari Hiroshima University of Economics dan JASSO. I checked my email every single day. Sampai akhirnya pada suatu hari di bulan Juni email yang saya tunggu-tunggu akhirnya datang juga. (^__^)V. Alhamdulillah...


***


Special thanks to:
  • Allah SWT.
  • My beloved parents untuk semua restu, dukungan dan doanya yang tidak pernah berhenti mengalir. I'll make you proud!!!
  • Ti dan Ulli... I miss you sist...
  • Ika Nurul Fatimah. Kalo bukan karena kamu I may have missed this opportunities.
    Makasih dah nyeret2 saya ke ruang IUP...
  • Ayuningtyas Nisita Lituhayu, temen seperjuangan saya. See you in Tokyo!!!
  • Ahel, ita, indah, bit2, dinong... makasih buwat doa dan dukungannya...miss u all guys!!!
  • Mira Candhra Lestari. Makasih dah mau proofread application form saya...
  • Ms. Wulan Wimbari. Thanks for signing my recommendation letter yang saya bikin dengan lebaynya, hahaha... maap ga bisa bantuin Ibu sampai selesai penelitian...
  • Pak Kus dan Pak Elan yang dah menginterview saya... terima kasih dah merekomendasikan saya untuk ikut program ini.
  • Mas2 fotokopian MSi yang udah bantuin saya menggandakan semua dokumen.
  • Pak Yoga, Mbak Nia, Mbak Wida dan seluruh IUP crew...makasih atas semua bantuan dan infonya...
  • Pak B.M Purwanto, thanks for signing my enrollment certificate.
  • GMC UGM. Makasih untuk pelayanannya... tapi kenapa saya disuruh tes urin, darah, sama X-ray??? yang lain cuma disuruh tes darah doank...Huwaaa....kan mahal!!!!
  • Kias Ayu Damara, makasih dah bantuin ngurus segala macem... semoga kita bisa menjalani 5 bulan ke depan dengan menyenangkan...maaf kalo sering ngrepotin...heheh...
  • Teman2 EQ dan CLR yang ga bisa saya sebutin satu per satu. Saya akan rindu jalan-jalan ga jelas bersama kaliyaan...
  • Teman2 KKN-PPM UGM Unit 25. Terima kasih untuk dukungannya and a wonderfull farewell party. Saya akan rindu main kembang api di pantai dan bergosip bersama kaliyaaan...hahaha...
  • Nusantara Tour yang udah bantuin saya ngurus visa.
  • China Airlines yang sudah mengangkut saya sampai ke negeri sakura. Xie xie.
  • Dan semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu... Arigatou Gozaimasu!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar