Minggu, 04 Oktober 2009

Kyoto e Ikimasho!!! - 3rd Day

Di hari ke-3 ini kami (the foreigners) harus berjalan sendiri karena Miho-san tidak bisa menjadi guide. Kami memutuskan untuk mengunjungi dua kuil hari ini, yaitu Toji Temple dan Kiyomizudera Temple. Karena kartu 2-days pass sudah tidak berlaku, kami harus membeli kartu 1-day pass seharga 500 yen. Kartu ini dapat digunakan untuk mengakses bus dalam kota (tidak berlaku untuk subway) selama satu hari tersebut.

Sekitar pukul 10 pagi kami keluar dari hostel untuk check out dan mencari sarapan. Setelah menaruh seluruh barang bawaan di locker, kami segera menuju tujuan pertama kami hari itu, Toji Temple. Hari sebelumnya kami mendapat informasi dari seorang bapak bahwa pada tanggal 21 akan diadakan
flea market di Toji Temple ini. Kami berangkat dari stasiun sekitar pukul 11.30. Sebenarnya letak kuil tersebut tidak begitu jauh, tetapi karena jalanan menuju ke kuil tersebut sangat macet kami baru sampai 1 jam kemudian.

Flea market yang diadakan ternyata sangat ramai. Pasar ini menjual berbagai macam barang mulai dari baju, kimono, keramik, elektronik, dan juga makanan, kebanyakan barang yang dijual adalah barang secondhand. Beberapa teman saya membeli kimono di sini. Mereka membeli kimono secondhand tersebut seharga 2,000 yen, obi 2,000 yen, dan perlengkapan lainnya seharga 1,000 yen. Bisa dikatakan sangat murah mengingat harga satu set kimono baru biasanya mencapai 20,000 yen.

Puas melihat-lihat area pasar, saya memutuskan untuk masuk ke dalam kuil. Untuk masuk ke dalamnya saya harus membeli tiket seharga 500 yen. Di dalam area kuil ini terdapat taman, beberapa kuil dan juga pagoda 5 lantai yang katanya merupakan pagoda tertinggi di Jepang.

Sekitar pukul 4 sore kami keluar dari Toji Temple dan beranjak menuju tempat tujuan kami selanjutnya, Kiyomizudera Temple. Kuil yang satu ini terletak di sebelah timur kota Kyoto. Terletak di atas sebuah bukit yang tinggi sehingga menjadi tempat yang sangat terkenal untuk melihat sunset. Dari Toji Temple kami naik bis menuju Gion, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit.

Pemandangan dari Kiyomizudera Temple sangat indah. Dari sini kita bisa melihat seluruh kota Kyoto dan juga bisa melihat sunset tanpa terhalang oleh gedung-gedung pencakar langit yang banyak terdapat di dalam kota. Setelah matahari terbenam kami memutuskan untuk kembali ke stasiun. Karena jalanan masih sangat macet, kami memilih untuk berjalan kaki, sekitar 45 menit untuk sampai ke stasiun.

Sesampainya di stasiun kami berpencar untuk mencari makan malam masing-masing, sekitar jam 9 kami berkumpul lagi untuk bertemu dengan Miho-san karena dia yang mengurus semua tiket bis kami. Perjalanan 3 hari kami di Kyoto berakhir di sini. Pukul 10 malam bis kami berangkat kembali menuju Hiroshima.

***

Kyoto merupakan kota yang sangat indah. Kota yang sempat menjadi ibukota Jepang ini menyimpan banyak kekayaan peninggalan budaya Jepang. Tiga hari nampaknya belum cukup untuk menjelajahi kota yang dijuluki "Bali-nya Jepang" ini. Kyoto jelas merupakan kota yang wajib dikunjungi jika kamu datang ke Jepang.