Jumat, 09 Oktober 2009

Masak-masaK

Weeh...ga terasa udah hampir sebulan saya terdampar di negeri orang... Sejauh ini semuanya masih berjalan lancar... Meskipun cuaca mulai mendingin, setidaknya masih lebih hangat daripada tempat KKN saya dulu...

Ngomong2 soal KKN, ternyata pengalaman selama KKN banyak bermanfaat disini... selain bertahan menghadapi hawa dingin, ternyata ilmu masak-memasak yang saya dapatkan selama KKN bisa saya gunakan untuk bertahan hidup di sini...

Sebagai mahasiswa penerima beasiswa saya harus pintar-pintar mengatur pengeluaran agar bisa bertahan hidup di sini. Sebenarnya uang beasiswa yang saya terima sudah mencukupi untuk biaya hidup saya disini sebagai mahasiswa. Setidaknya cukup untuk membayar sewa apato, internet, utilities, dan makan 3 hari sekali. Tapi sudah datang jauh-jauh, rasanya sayang sekali kalo tidak mengeksplorasi keindahan negeri ini. Oleh karena itulah saya harus menabung, menyisihkan sebagian uang beasiswa saya untuk travelling. Dan salah satu cara menghemat pengeluaran adalah dengan memasak. Jika sekali makan di luar saya menghabiskan sekitar 400 yen, maka dalam sebulan biaya makan saya bisa mencapai 36,000 yen. Sedangkan jika saya memasak, biaya makan saya sebulan hanya sekitar 8,000 yen. Jadi, dengan memasak, saya bisa menghemat uang sekitar 26,000 yen per bulannya.

Soal masak-memasak, saya bisa dikatakan masih sangat amatir. Saya cuma bisa masak nasi pake rice cooker, masak indomie, masak nasi goreng, masak telur ceplok/ dadar/rebus/orak-arik, dan sedikit tumis menumis sayuran. Ga mungkin kan saya bisa bertahan hidup hanya dengan sedikit jenis makanan itu saja. Karena khawatir dengan kelangsungan perut saya di sini nantinya, semenjak KKN saya mulai mencoba untuk lebih menggeluti dunia masak-memasak, hahaha... Sembari membantu Bu Kadus memasak, saya mulai belajar memasak jenis-jenis masakan lainnya.

Setelah hampir sebulan saya di sini, rasanya kemampuan memasak saya semakin membaik ^-^. Ngomong-ngomong soal bumbu masakan, bumbu yang bisa saya temukan di Jepang hanyalah bawang putih, bawang bombay, jahe, tomat, gula,garam, dan merica, oleh karena itu biasanya bumbu2 itulah yang saya gunakan untuk memasak. Saya tidak bisa menemukan bawang merah, cabai (I really miss this one), daun salam,daun jeruk, daun serai, kunyit, kemiri, asam jawa, terasi dan berbagai rempah-rempah lainnya yang biasa digunakan untuk memasak masakan Indonesia, oh iya, saya juga tidak bisa menemukan santan di sini. Dengan terbatasnya bumbu yang ada, saya mencoba memasak berbagai variasi masakan. Sejauh ini saya berhasil membuat capcay, sayur sop, tumis salmon, cah brokoli, oseng-oseng terong, terong bumbu kecap, udang kentang bumbu kecap, perkedel, bakwan, semur telur, orak-arik tofu, omelet shitake dan beberapa masakan sederhana lainnya. Yah masih sangat sedikit memang, apalagi bahan yang saya bisa masak cuma itu-itu saja. Saya ga mungkin masak daging sapi atau ayam, jadi sumber protein hewani saya paling-paling berasal dari telur, udang, dan ikan salmon.

Yap! Semoga saja besok2 saya tidak kehabisan ide untuk memasak. Dan semoga sekembalinya saya dari sini saya semakin expert dalam bidang ini, lumayan kan buwat bekal berumah tangga nantinya, hehehe... (^-^)V

7 komentar:

  1. wowwww,,,coba dong eksperimen masakan jepang.minta ajarin bu kadus.nanti sampe sini ajarin anak EQ.hahaha

    saya kalo masak yang penting ada bawang ptih,bombay, merica.hahahaha

    BalasHapus
  2. iya...itu bawang putih, bombay, merica itu bumbu dasar yg harus ada, hahaha...

    eh mas seq, minta resep masakan jepang yg simple donk...

    BalasHapus
  3. w0w w0w w0w sungguh iri saya

    salmon emang enak ya ditumis? -_- tekstur nya pasti aneh, dan klo kematengan + difreezer kelamaan jadi hoek

    kok malah ga beli bahan2 dasar buat masakan jepang mba? mirin, soyu, miso dieksperimen dong. hahaha trus di foto dengan ekspresi wajah nya

    miso capcay with seared salmon! wkakakak

    BalasHapus
  4. Salmonnya ya ga mpe mateng2 banget kok...asal ga mentah aja...aku ga suka ikan mentah...hwueek...
    Soalnya itu resep yg paling simpel yan...kadang juga digoreng/disop/dipanggang...
    Mang salmon enaknya diapain to???
    Aku ga beli bahan2 itu soalnya:
    - Mirin tuh mengandung alkohol tau!!!
    - Kalo soyu ada yg pake alkohol ada yg enggak...tapi rasanya kayak kecap asin gitu...aku ga suka...
    - Miso, hmmm....kemaren dah mau nyari tapi bingung...jenisnya macem2...ada yg asin,manis,pait...

    BalasHapus
  5. apato = apartemen dalam bahasa jepang...

    BalasHapus
  6. O. Boleh..boeh..boleh. Sukses aja buat kuliahnya. Silahkan ngintip blogku, satu kehormatan buatku.

    BalasHapus