Rabu, 02 Desember 2009

Weekend One Day Trips (Part I)

I'm back....akhirnya saya kembali juga setelah hampir dua bulan hiatus... Mid term exam dan dua presentasi sudah terlewati, untuk sementara saya bisa bernapas sejenak dan meluangkan sedikit waktu saya untuk kembali blogging.

Well, selama dua bulan terakhir ini saya sempat jalan-jalan ke beberapa tempat di sekitar Hiroshima. Biasanya saya pergi jalan-jalan setiap weekend, entah itu cuma ke mall, ke downtown, ke festival, ataupun ke pulau-pulau tetangga. Berikut ini sekilas review tentang beberapa tempat menarik di sekitar Hiroshima yang layak dikunjungi.

Iwakuni
Iwakuni adalah sebuah kota tua yang terletak di Yamaguchi Perfecture, sebuah perfektur di sebelah barat laut Hirohshima. Di Iwakuni ada beberapa obyek yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, yang paling terkenal diantaranya adalah Kintai Bridge dan Iwakuni Castle. Kintai Bridge memiliki bentuk unik dan terbentang sepanjang 193,3 meter di atas Nishiki River. Jembatan yang dibangun pada tahun 1673 ini sempat hancur karena angin topan dan dibangun kembali pada tahun 1953.


Kintai Bridge

Kintai Bridge

Iwakuni Castle terletak di puncak sebuah bukit. Untuk mencapai tempat tersebut, kita bisa berjalan kaki sambil menikmati keindahan alam ataupun naik cable car. Kastil yang sekarang dijadikan museum ini memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan kastil-kastil lain di Jepang.

Iwakuni Castle

Selain kastil dan jembatan, masih banyak tempat di sekitar Iwakuni yang bisa dikunjungi seperti Momijidani Park, Art Museum, Kikko Park dan Kikkawa Museum. Tiket masuk untuk keseluruhan tempat tersebut (termasuk cable car) adalah JPY930. Dari Hiroshima, Iwakuni dapat diakses dengan menggunakan bus selama 1 jam. Ongkos bus Hiroshima-Iwakuni (roundtrip) adalah JPY1,300.

Miyajima Island
Miyajima adalah sebuah pulau kecil di luar kota Hiroshima. Untuk sampai ke sana saya harus naik kereta api sampai Miyajimaguchi Station, kemudian naik ferry untuk menyebrang ke Pulau Myajima. Harga tiket kereta Shimogion-Miyajimaguchi adalah JPY400 (1-way) dan tiket ferry roundtrip adalah JPY340. Saya ke sempat pergi ke sini dua kali, yang pertama untuk melihat torii yang terkenal itu dan yang kedua untuk hiking ke Mount Misen dan melihat Momijidani Park.

Floating Torii

Itsukushima Shrine terletak di pinggir pantai Miyajima. Kuil Shinto ini terkenal dengan floating torii yang katanya merupakan one of Japan's best views. Untuk masuk ke kuil ini kita dikenakan biaya JPY300.

Daishoin Temple merupakan kuil Budhha yang terletak di kaki gunung Misen. Di kuil ini banyak terdapat patung-patung biksu kecil yang mengingatkan saya pada Ikyu-san (anime jadul yang bercerita tentang seorang biksu kecil).

Patung Biksu Kecil di Daishoin Temple

Dan diantara patung-patung biksu kecil yang tersebar di beberapa tempat, saya menemukan sebuah patung Anpan-man (anime jadul Jepang lainnya tentang seorang manusia-roti-kacang-merah superhero). Saya juga kurang tahu mengapa patung Anpan-man itu bisa nyasar ke kuil Budha. Apakah bentuk kepalanya yang bulat seperti kepala biksu membuat orang salah mengira Anpan-man sebagai biksu dan meletakkannya di sana? Ataukah Anpan-man merupakan tokoh penting di kuil Budhha ini? I dunno...it's a mistery...
Tokoh Kartun Anpan-Man

Patung Anpan-man di Daishoin Temple

Selain kuil-kuil tersebut, Miyajima juga merupakan tempat yang terkenal untuk menikmati keindahan daun momiji di musim gugur. Untuk itulah saya datang kedua kalinya ke pulau ini. Sayang, sehari sebelumnya hujan yang cukup deras membuat daun-daun momiji berguguran sehingga tidak banyak yang bisa saya lihat di Momijidani Park (T-T).

Daun Momiji


Momijidani Park

Kalau punya banyak waktu kita bisa pergi mendaki Mount Misen. Dari atas puncak, kita bisa melihat keseluruhan pulau Miyajima dan pulau-pulau sekitarnya. Jika tidak kuat berjalan kaki, kita juga bisa menggunakan cable car untuk naik ke atas puncak dengan biaya JPY1,000 (1-way) atau JPY1,800(roundtrip)

Pemandangan dari atas Mount Misen

***

Fiuuhh... untuk sementara segini aja dulu, jam sudah menunjukkan pukul 01.00 dan besok saya ada kuliah pagi-pagi. Masih ada 3 tempat yang akan saya review di postingan berikutnya. See ya...

***
Gambar kartun Anpan-man diambil dari sini.

4 komentar:

  1. whoaaa. as usual. sangat menarik mba. entah mengapa saya sangat terkagum2 dengan daun-daun merah itu... hihihi.

    btw, mba nining tambah item ya????

    BalasHapus
  2. btw tdi kinchung. hihi

    BalasHapus
  3. tambah item ya?? mungkin juga...
    gapapa deh...kata temen2 saya yang orang eropa, kulit sawo mateng itu lebih seksi, makanya orang sana pada suka berjemur di pantai, wakakak...
    yang jelas saya tambah gendutan di sini, hihi...

    BalasHapus
  4. kalau punya uang kapan2 main ah.........

    BalasHapus