Kamis, 03 Desember 2009

Weekend One Day Trips (Part II)

Hola...mari kita lanjutkan postingan sebelumnya tentang tempat-tempat menarik di sekitar Hiroshima yang layak dikunjungi di kala weekend. Kali ini saya akan mereview sedikit mengenai Shikoku Island, Sandan-Kyo Gorge, dan Mitaki-ji Temple.

Shikoku Island
Pulau ini merupakan pulau terkecil di antara 4 pulau utama di Jepang (Hokkaido, Honshu, Kyushu, Shikoku). Pulau ini terletak di sebelah selatan Pulau Honshu dan terhubung oleh tiga buah jembatan yang terletak di kota Ohnomichi (Shimanami Kado Bridge) dan Okayama (Seto Ohashi Bridge) dan Kobe (Akashi Kaiko Bridge). Kedua jembatan pertama dibangun melewati pulau-pulau kecil di antara Honshu dan Shikoku. Seto Ohashi Bridge sendiri sebenarnya terdiri dari 11 jembatan yang menghubungkan pulau-pulau kecil tersebut.

Saya pergi ke Shikoku sekitar sebulan yang lalu bersama rombongan dari HUE. Karena pergi dengan rombongan, saya hanya perlu membayar JPY1,000 untuk keseluruhan perjalanan ini (transportasi, makan siang, tiket masuk tempat wisata). Jika saya pergi sendiri mungkin pengeluaran saya bisa mencapai JPY5,000 karena untuk ongkos bis dari Hiroshima-Shikoku sekali jalan saja sudah lebih dari JPY1,000. Karena bersama rombongan rute dan tujuan perjalanan sudah ditentukan oleh pihak universitas.

Tujuan pertama adalah sebuah daerah (saya lupa namanya) yang terkenal dengan mie udon-nya. Di sini kami belajar membuat mie udon yang tebal-tebal itu. Selesai membuat udon kami dijamu makan siang dengan menu utama mie udon.


Tempat kedua yang kami kunjungi adalah Ritsurin Park, sebuah taman tradisional Jepang yang terletak di kota Takamatsu. Taman ini jauh lebih besar daripada Shukeien yang ada di Hiroshima. Di sini kami melakukan upacara minum teh (kali ini tanpa kimono).



Shikoku-Mura Open-air Museum menjadi tujuan terakhir perjalanan. Museum ini memamerkan bangunan-bangunan tradisional Jepang, mulai dari rumah, lumbung padi, kamar mandi, sampai kandang sapi. Menurut saya museum ini sangat menarik karena kita bisa melihat langsung bangunan-bangunan tersebut bukan hanya lewat foto atau miniatur. Sayangnya saat itu sedang hujan sehingga saya kurang bisa menikmati outdoor museum ini.



Sandan-Kyo Gorge
Sandan Kyo merupakan sebuah lembah yang terletak di Akiota-Cho, sebelah barat daya kota Hiroshima. Tempat ini terkenal sebagai tempat hiking dan menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Saya pergi ke sini bersama Miho-san dan Damara.


Perjalanan ke sini menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam menggunakan bus. Ongkos bis Hiroshima-Sandankyo sekitar JPY1,620 (one way). Sesampainya di Sandan-Kyo Bus Station tersedia shuttle bus dengan biaya sebesar JPY700 untuk menuju pintu masuk yang lebih dekat dengan air terjun SandanDaki.



Selain air terjun sebenarnya di sini juga terdapat sebuah danau, tapi kami tidak sempat pergi ke sana karena letaknya yang terlalu jauh. Tempat ini juga terkenal sebagai tujuan wisata di kala autumn. Sayangnya kami datang sehari setelah hujan deras mengguyur tempat ini sehingga banyak daun-daun yang sudah berguguran. Karena terletak di pegunungan udara di sini jauh lebih dingin dan berangin. Area hiking ini ditutup untuk umum pada musim dingin.



Kami menghabiskan waktu 4 jam di area hiking ini. Meskipun melelahkan saya sangat puas dengan SandanKyo. Tempat ini sangat saya rekomendasikan untuk dikunjungi.


Mitaki Temple


Kuil ini terletak di sebelah barat daya kota Hiroshima dan hanya dua stasiun baik dari Hiroshima maupun Shimogion. Saya pergi ke kuil ini sekitar dua minggu yang lalu. Sendiri. Melepas stress pasca presentasi. Letaknya tidak begitu jauh dari tempat saya tinggal di Shimogion, hanya sekitar 1o menit naik kereta api (JPY140). Dari stasiun kita masih harus berjalan kaki sekitar 20 menit untuk mencapai Mitaki Temple.



Saya suka kuil ini karena tempatnya yang sejuk dan banyak pepohonan. Di area kuil ini juga banyak terdapat pohon momiji yang berubah warna di musim gugur. Sangat indah, ga kalah sama kuil-kuil terkenal yang ada di Kyoto.

***

Well, itulah tempat-tempat di sekitar Hiroshima yang saya kunjungi selama dua bulan terakhir di kala weekend. Untuk sementara mungkin saya tidak melakukan weekend trip lagi, saving my money for the winter vacation to Tokyo, Nikko, Yokohama, Hakone, Osaka, and Nara. (^_^)V

Tidak ada komentar:

Posting Komentar