Rabu, 28 Januari 2009

Ketep Pass - Magelang


Abis UAS tahun 2008 kemarin, sebelum mudik ke kampung halaman aku menyempatkan diri jalan2 ke Ketep Pass ma anak-anak kampus. Ketep terletak di Magelang sekitar 1,5 jam naek motor dari Jogja. Sebelum ke ketep pass kita pergi ke air tejun (aku lupa namanya, curug apa gitu....)yang letaknya 1,5km dari ketep pass. Kalo ga salah tiket masuknya Rp 2.000/org dan parkir motor Rp 1.000. Dari parkiran kita harus jalan lumayan jauh untuk sampai ke depan air terjun. Jalannya masih setapak gitu, naik turun (kaya waktu di pagilaran tu lho...), kadang2 berpasir jadi perlu ekstra hati2 waktu turun. Jalannya emang ga enak,but it’s worth, soalnya air terjunnya bagus banget, tingginya sekitar 10m. Udaranya sejuk dan pemandangannya bagus, lumayan buwat ngilangin stress pasca ujian.

Dari air terjun kita lanjut ke Ketep Pass. Ketep Pass ini merupakan objek wisata ‘kegunungapian’. Tiket masuknya Rp 3.000/org. Katanya sih kalo lagi cerah kita bisa lihat 5 gunung api yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet selain itu juga gunung2 kecil kayak gunung Telomoyo,Andong,Dieng dan perbukitan Menoreh. Tapi, karena waktu itu ga begitu cerah aku Cuma bisa liat gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing. Disana kita bisa menyewa teropong Rp 3.000 selama 3,5 menit. Di situ juga ada volcano theatre yang nayangin film dokumnter tentang gunung berapi gitu, tiketnya Rp 3.000. Kalo laper kita bisa makan di warung2 makan yg ada di sepanjang tebing di sisi sebelah selatan ketep pass. Menunya mie goreng, nasi goreng, teh, jeruk, dan kopi. Harganya standar kok. Sambil makan kita bisa ngliat pemandangan pegunungan yang bagus banget.

Karena terletak di ketinggian sekitar 1200m dari permukaan laut, udara di sini sejuk banget. Pemandangannya juga bagus banget. Cocok untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas kehidupan di kota.

1 komentar: