Rabu, 28 Januari 2009

Taman Air Tamansari - Yogyakarta


Taman air ini merupakan tempat pemandian putri raja2 pada zaman dahulu. Letaknya sekitar ½ km di sebelah selatan kraton yogyakarta. Di taman air ini terdapat kolam pemandian dan tempat peristirahatan anggota keluarga kraton jogja. Kebetulan, waktu aku maen kesini kolamnya baru dikuras jadi airnya masih bersih, biasanya ijo2 lumut gitu. Tiket masuknya Rp 2.500/org dan kalo bawa kamera Rp 2.000/kamera.

Selain kolam pemandian di kompleks ini juga terdapat sejumlah situs2 budaya yang lain seperti masjid dan terowongan bawah tanah. Untuk masuk kesini kita ga perlu bayar tiket. Masjid bawah tanah ini terdiri dari 2 lantai. Lantai 1 u/ co dan lantai 2 u/ ce. Di tengah2 masjid merupakan sumber air untuk tempat wudhu. Ada beberapa terowongan bawah tanah di sini. Salah satu terowongan katanya menghubungkan tempat tersebut dengan Laut Selatan, katanya sih kalo Sultan mo ngunjungin Nyi Roro Kidul, beliau biasa lewat situ. Ada juga terowongan2 laen yang menghubungkan tempat tersebut ke kraton.

Di sebelah utara masjid tersebut ada sebuah reruntuhan bangunan yang disebut pulo pesanggrahan. Dulunya tempat itu merupakan pulau buatan tempat beristirahat para keluarga kraton. Sayangnya sejak gempa mei 2006 lalu bangunan tersebut hancur sehingga yang tersisa Cuma reruntuhannya. Tapi karena letaknya yang cukup tinggi dari reruntuhan tersebut kita bisa melihat pemandangan di sekeliling kraton jogja.

Secara keseluruhan, menurutku situs ini bagus banget. Ga heran tempat ini banyak dipake bwt t4 pemotretan, mulai dari pemotretan majalah, album kenangan, pre wedding, sampe syuting video klip. Buwat yang narsis dan hobi fotografi pokoknya puas deh hunting foto disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar