Kamis, 30 April 2009

Tawangmangu - Candi Sukuh

Senin kemarin, saya dan semoet pergi jalan2 ke Solo. Kami berencana pergi ke Grojogan Sewu, Tawangmangu dan Candi Sukuh. Berangkat dari Stasiun Lempuyangan, Jogja dengan kereta Pramek jam 6.55, kami sampai di Statsiun Solo Balapan pada pukul 8. Sebelum pergi ke Terminal Tirtonadi kami memutuskan untuk sarapan Soto Kwali terlebih dahulu di depan Stasiun Balapan.

Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta

Setelah perut terisi kami pergi ke Terminal Tirtonadi dengan menggunakan becak. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan Bus jurusan Solo-Tawangmangu. Perjalanan ke Tawangmangu menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Jalan yang menanjak dan meliuk-liuk dengan jurang di sisi jalan membuat kami sedikit pusing, tetapi pemandangan khas pegunungan dan angin yang segar cukup membuat kami merasa lebih baik.

Sampai di Terminal Tawangmangu, perjalanan dilanjutkan dengan mobil omprengan sampai ke air terjun. Setelah membeli tiket masuk kami masih harus menuruni anak tangga yang sangat panjang untuk sampai ke depan air terjun. Udara di sana sangat sejuk, suasananya tenang dan tidak begitu ramai. Karena hari itu adalah hari kerja, sangat sedikit pengunjung yang datang.

My Travelmate : Semoet

Air Terjun Grojogan Sewu

Grojogan Sewu terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu dan merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu. Hutan Wisata Grojogan Sewu memiliki luas 20 Ha. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak. Beberapa fasilitas dari hutan wisata ini adalah Taman Binatang Hutan, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cinderamata, mushola dan MCK. (http://id.wikipedia.org/wiki/Grojogan_Sewu)

Air terjun Grojogan Sewu ini sangat tinggi. Airnya pun sangat deras, dari jarak 20 meter saja kita sudah bisa merasakan cipratan air terjun ini. Setelah puas berfoto dan menikmati keindahan air terjun ini, kami memutuskan untuk makan siang. Sate kelinci menjadi menu pilihan untuk makan siang.

Segera setelah makan siang dan shalat dzuhur, kami melanjutkan perjalanan ke Candi Sukuh. Dari terminal Tawangmangu kami naik bis ke Terminal Karangpandan, kemudian berganti bus kecil ke Sukuh. Turun dari bis, perjalanan dilanjutkan ke Candi Sukuh dengan menggunakan ojek.

Candi Sukuh, Karanganyar, Jawa Tengah

Candi Sukuh adalah sebuah kompleks candi agama Hindu. Candi ini dikategorikan sebagai candi Hindu karena ditemukannya obyek pujaan lingga dan yoni. Bangunan candi Sukuh memberikan kesan kesederhanaan yang mencolok pada para pengunjung. Bentuk bangunan candi Sukuh cenderung mirip dengan peninggalan budaya Maya di Meksiko atau peninggalan budaya Inca di Peru . Struktur ini juga mengingatkan para pengunjung akan bentuk-bentuk piramida di Mesir. (http://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Sukuh)

Pemandangan dari Candi Sukuh

Setelah puas menikmati pemandangan kami segera kembali ke Terminal Karangpandan untuk kembali ke Solo dan melanjutkan perjalanan pulang ke Jogja. Tidak seperti saat berangkat, kami memutuskan untuk naik kereta dari Stasiun Palur. Stasiun Palur adalah sebuah stasiun kecil yang terletak di Kabupaten Karanganyar. Kami sampai di stasiun pukul 16.00 sementara kereta Prameks ke Jogja baru ada pukul 17.33. Menunggu satu setengah jam membuat kami cukup bosan. Untungnya di seberang rel kereta api kami melihat sebuah gerobak mie ayam. Berhubung kami memang sudah lapar, jadilah kami membeli mie ayam tersebut. Walaupun ayamnya cuma sedikit, tapi rasa mie ayam tersebut sungguh sedap.

Waiting for the train
Stasiun Palur, Karanganyar, Jawa Tengah

Kereta datang pukul 17.20 dan berangkat tepat pukul 17.33. Untunglah kami naik di statsiun pertama sehingga kami bisa mendapatkan tempat duduk dan tidak perlu berdiri selama satu jam perjalanan Solo-Jogja. Di kereta saya bertemu dengan seorang adek bayi yang lucu bernama Rael. Umurnya baru sembilan bulan, tapi dia sangat aktif dan tidak takut kepada orang asing yang belum dia kenal. Kami sampai di Jogja pukul 18.48 dan langsung pergi ke kampus untuk rapat Adjaks sampai pukul 21.00.